Pages

Selasa, 09 Desember 2014 di 04.25 Diposting oleh Unknown 1 Comment



NAMA                       : FAJRUL FALLAH
KELAS                      : X TKJ
MAPEL                     : PERAKITAN KOMPUTER
GURU                        : SUTRISNO
TUGAS PERAKITAN KOMPUTER

1.Gambar dan jelaskan alur kerja dari system kerja computer!
Jawaban:


 



 


Penjelasan:
input device adalah perangkat keras computer yang berfungsi  memasukkan data ke dalam system computer
Contoh:keyboard,mousejoy stick
Control unit (cu)=komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada computer.
Alu merupakan bagian dari mikro prosesor yang khusus mengelola data aritmatika (menambah , mengurang ,  mengalikan , dll) serta dat logika 9 perbandinga , prosentase, dll)
Memory=media penyimpanan data pada computer , dibagi menjadi 2 macam :
* memory ROM
 *memory RAM
ROM(READ ONLY MEMORY)= memory yang hanya bisa di baca saja . tidak dapat di rubah dan dihapus .
Contoh: cdr,disket,dvd rw, hardisk.macam-macam ROM:
-PROM=( programmable read only memory)adalah memory chip memory yang dapat menyimpan program tetapi sekali prom di gunakan , tidak akan dapat membersihkan dan menyimpan kembali data lainnya .
-EPROM=  (erasable programmable read only memory)jenis khusus dari memory PROM , di mana EPROMini dapat di hapus dengan menggunakan cahaya ultra violet
-EEPROM=( electrically erasable programmable read only memory)merupakan type khusu dari PROM , dimana EEPROM ini dapat di hapus dengan menggunakan adanya tegangan listrik.
Bios= termasuk dalam kategori ROMpenyimpanan nya .  isi ROM tidak akan hilang walaupun tidak ada aliran listrik . dan isinya tetap tersimpan .
Random acces memory (RAM)= menyimpan program yang diolah sementara waktu (power phone)namun jika computer di matikan maka seluruh data yang tersimpan oleh ram akan hilang.
Macam –macam nya:
-EDO RAM=(EXTENDED DATA OUTPUT RAM ) jenis memory  yang dapat  Menyimpan dan mengambil isi memory secara simultan .
- SD RAM =(SYNCHRONOUS  DYNAMIC RANDOM ACCESS MEMORY)  modul memory dengan clock speed yang lebih tinggi dari pada SIMM atau EDO.
- DRAM=(DYNAMIC RANDOM ACCESS MEMORY) jenis random akses memory yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor dalam 1 sirkuit terpadu.
OUTPUT DEVICE= adalah perangkat computer yang berguna untuk menghasilkan keluaran , seperti: kertas ( hard copy) , ke layar monitor (soft copy), atau keluaran berupa suara.contoh: ptinter , speaker, plotter, monitor , dan banyak yang lainnya .


2.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan port I/O,sebutkan 5 contoh beserta fungsinya  masing- masing!
     Jawab:
     Port/io adalah= gerbang konektor input / output pada computer seperti pada keyboard , mousepararel/serial ataupun usb . port i/o juga berguna untuk menghubungkan perangkat elektronika diluar computer seperti printer, scanner, serta barcode reader. Port i/o pada pc secara umum ialah ort serial , pararel, dan usb ( universal serial bus).
    1.Port ps 2=untuk menghubungkan keyboard dan mouse.
 2.Port lan=untuk komunikasi antar computer , sehingga computer dapat saling berbagi   informasi dengan computer lainnya.
   3.Port serial=untuk menstransmisikan satu bit informasi pada satu satuan waktu.
   4.Port usb= dapat digunakan pada beberapa perangkat / feriperal lainnya . seperti : mouse, keyboard, modem, card wireless, dsb.
  5.Port port pararel= alat komunikasi kmputer (motherboard) dengan perangkat luar yang  bersifat pararrel.


    

3.  jelaskan fungsi dari hardware berikut
     a.motherboard
     b.power supply unit
     c.cashing
   Jawab:
a.       Mother board=papan utama yang menghubungkan semua perangkat computer dan membuatnya bekerja sama . sehingga computer berjalan dengan lancer .  
b.      Power suppl unit = unuk meyuplai egangan langsung berkomponen dalam cashing yang membutuhkan tegangan.
c.       Cashing= melindungi berbagai komponen di dalam dari debu, panas, matahari.

4.Form factor komponen computer terdiri dari bentuk,design,ukuran dan layout.apa yang    dimaksud dengan form factor dan jelaskan masing-masing yang ada didalamnya tersebut!
Jawab:
Form factor adalah istilah yang menggambarkan bentuk,ukuran,design dan layout perangkat keras computer.Form factor tersebut banyak digunakan pada motherboard ,chasing,dan power supply.
5.Dalam sebuah motherboard terdapat chipset southbridge dan nortbridge,jelaskan masing-masing fungsinya!
Jawab:
Ø  Fungsi Northbridge
Adalah menjembatani arus data disekitar main memory,prosesor,front side busdan AGP bus juga mengatur kerja power management.
Ø  Fungsi Southbridge
Fungsi Southbridge adalah mengatur kerja peripheral-pheriperal semacam IDE Controler,PCI Bus,ROM Bios,keyboard & mouse,USB,Eth,LAN,Modem dan fungsi I/O lainya.
6.Sebutkan nama-nama dari komponen nomor 1,2,4 yang terdapat dalam motherboard berikut ini!

                                                                                                                                                           
3.
5.
2.
1.
4.





                                                                                                                                                           
3.
5.
2.




Jawab:
1.Chipset northbridge
2.Socket PGA processor
4.Slot expansi PCI
7.Jelaskan fungsi dari komponen nomor 3 dan 5 dalam gambar motherboard diatas!
   Jawab:
  3.Slot IDE : digunakan untuk tempat menancapkan kabel IDE dari disk drive atau Optical     drive.
  5.Soutbrige mengatur kerja pheriperal.seperti IDE Controller,PCI,ROM Bios,keyboard,mouse,USB,Eth,LAN dll.
8.Sebutkan bagian-bagian procesor sesuai dengan urutan nomor pada gambar dibawah ini!
    Jawab:
 








1.      Substrat
2.      Core(die)
3.      Capacitore
4.      TIM
5.      HIS
9.Dalam computer ada istilah compatible.apa yang dimaksud dengan istilah tersebut dan apa pengaruhnya terhadap menentukan komponen?
   Jawab:
   Compatible adalah istilah kesesuaian sebuah komponen computer yang meliputi hardware maupun software dengan komponen computer lainya.

10.Jelaskan perbedaan antara ROM dan RAM!
     Jawab:
      Read only memory ( rom) yaitu memori yang hanya bisa di baca saja , tida dapat di rubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat computer . isi rom diperlukan pada saat computer dihidupkan .
     Perintah yang ada pada rom sebagian akan di pindah kan ke ram . perintah yang ada di rom antara lain adalah perintah untuk membaca system operasi dan disk, perintah untuk mencetak semua peralatan yang ada di unit system dan perintah untuk menampilkan pesan di layar . isi rom tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik , tapi pada saat sekarang ini rom telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya .
-          RANDOM ACCESS MEMORY (RAM) , dari namanya kita dapat artikan bahwa ram adalah memori yang dapat diakses secara random. Ram berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu ( power on )  jika computer kita matikan , maka seluruh data yang tersimpan dalam ram akan hilang . tujuan dari ram ini adalah mempercepat pemroses data pada computer . agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat computer di matikan , maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti disket, hard disk , flash disk, PMCIA card dan lain lain


11.Berikan penjelasan ,mengapa konfigurasi/setingan jam dan tanggal komputer dapat sesuai dengan jam dan tanggal sebenarnya meskipun komputer tidak dihidupkan?
     Jawab:
     Konfigurasi bios tidak di simpan dalam rom , hal ini disebabkan oleh sifat rom yang statis melainkan sebuah chip terpisah yang di sebut sebagai real-time clock (RTC) , yang berupa sebuah non- volative random acces memory (NVRAM) . NVRAM juga sering disebut sebagai complimentary metal –oxide random acces memory (CMOS RAM )  , karena menggunakan metode pembuatan CMOS , NVRAM membutuhkan daya yang sangat kecil agar dapat bekerja. Meskipun disebut non-volative , NVRAM sebenarnya merupakan sebuah chip yang volative , sehingga data yang tersimpan dapat terhapus dengan mudah jika daya listrik yang menghidupinya terputus . oleh karena itu , NVRAM “ dihidupi” oleh sebuah baterai ( mirip baterai kalkulator / jam ) dengan bahan litium dengan seri cr-2032 . sebuah baterai litium cr-2032 dapat menghidupi NVRAM selama tiga hingga lima tahun . jika daya dalam baterai habis , atau daya yang disupainya terputus ( akibat di cabut dari slotnya ) , maka semua konfigurasi akan dikembalikan ke kondisi standar ,  sesuai ketika BIOS tersebut di program oleh pabrikan . BIOS umumnya memberikan laporan CMOS checksum error atau NVRAM checksum error.

    

12.Apa yang kalian ketahui tentang card pada computer?
     Jawab:
Card pada computer adalah komponen computer yang memiliki perluasan fungsi tambahan terhadap motherboard yang tersusun atas fungsinya masing masing.contoh: LAN card,Sound card,VGA card.
           
13.Apa perbedaan dari hard copy device dengan soft copy device,berikan contoh masing-masing!
     Jawab:
     Hard copy device : adalah keluaran yang bersifat fisik contohnya hasil cetak printer,hasil cetak plotter dll.
     Soft copy device : adalah keluaran yang bersifat data digital/signal elektronik contoh: tampilan pada monitor,suara pada speaker,dll.
14.pada bagian processor terdapat IHS(Integrated Heat Spreader),apakah fungsi IHS tersebut!
     Jawab:
     IHS : fungsinya adalah mendinginkan chip sekaligus menghindarkan chip silicon dari panas yang ditimbulkan sendiri.

15.Apa yang kalian ketahui tentang FSB?
     Jawab:
     Front side bus(FSB) yang sering disebut sebagai system bus adalah jalur(bus) yang secara fisik menghubungkan prosesor dengan chipset nortbridge pada motherboard.jalur ini sebagai tempat lintasan data/informasi yang diwujudkan dalam bentuk sinyal-sinyal  elektronis.jalur ini merupakan jalur dua arah,artinya aliran data/informasi bisa berjalan dari prosesor menuju motherboard /sebaliknya.FSB juga menghubungkan prosesor dengan memori utama.Kesimpulanya adalah FSB merupakan jalur penghubung antara prosesor dengan memori utama,juga penghubung antara prosesor dengan chipset (nortbridge) pada motherboard.

1 Response so far.

  1. gambarnya mana gan??

Posting Komentar

    About Me

    Followers